23 Petugas Puskesmas Simeulue Timur Reaktif Covid-19, Layanan Medis Disetop 15 Hari

Kabar Duka, Satu Lagi Warga Aceh Barat Idap COVID-19 Meninggal
ILUSTRASI - COVID-19

DotBerita | Simeulue – Sebanyak 23 petugas Puskesmas Kecamatsn Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue dinyatakan reaktif Corona, Jumat (28/8/2020).

Akibatnya, layanan medis di fasilitas kesehatsn tersebut terpaksa dihentikan sementara waktu.

Sementara, status reaktif Covid-19 23 petugas medis Puskemas Simeulue diperoleh setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Simeulue menggelar rapid test terhadap 76 orang petugas setempat.

Pemeriksaan rapid dilakukan setelah dua orang dokter dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya, yaitu pada Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:

Dari 76 petugas yang dilakukan pemeriksaan Corona menggunakan rapid test, sebanyak 23 orang di antaranya dinyatakan reaktif.

Sedangkan 53 orang lainnya dinyatakan non reaktif.

Saat ini seluruh petugas yang dinyatakan reaktif telah diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simeulue, Ali Muhayatsyah dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, pelayanan di Puskesmas Kecamatan Simeulue Timur terpaksa ditutup sementara.

Penutupan pelayanan berlaku khusus untuk layanan kesehatan atau medis selama 15 hari, terhitung sejak hari ini.

Baca Juga:

Kendati begitu Ali memastikan Puskesmas Simeulue Timur tetap buka, khusus bagi warga yang membutuhkan pelayanan administrasi berupa rujukan ke RSUD kabupaten Simeulue.

Hal ini sekaligus memastikan bahwa masyarakat Simeulue Timur tetap akan memperoleh layanan medis, akan dialihkan ke RSUD.

“Masyarakat di wilayah kecamatan Simeulue Timur akan dilayani kesehatannya di RSUD Kabupaten Simeulue,” jelas Ali Muhayatsyah.

Ali kemudian menjelaskan, untuk 23 petugas Puskesmas yang dinyatakan reaktif Covid-19 telah diminta menjalani isolasi mandiri sembari menunggu dilakukan pemeriksaan swab.

“23 orang untuk dilakukan karantina mandiri di lingkungan Puskesmas Kecamatan Simeulue Timur dan direncanakan akan dilaksanakan pengambilan sampel uji tes swab nya,” Ali Muhayatsyah di Simeulue Jum’at, 28/8/2020. (*)


Bacaan selanjutnya: