80 Tahun Tak Potong dan Cuci Rambut, Kakek Asal Vietnam Ini Sebut Meninggal Jika Dipotong

Pria usia 92 tahun dengan rambut lima meter yang tak pernah dikeramas dan tak pernah dipotong.
Kakek Tua selama 80 tahun tak potong dan cuci rambut
Nguyen Van Chien percaya jika rambutnya dipotong, ia akan meninggal. | Reuters

DotBerita | Hanoi – Seorang kakek berusia 92 tahun asal Delta Mekong Selatan, Vietnam, tak pernah ia potong ataupun cuci selama 80 tahun. Tak mengherankan jika rambutnya pun kini telah tumbuh sepanjang lima meter.

Pria bernama Nguyen Van Chien punya keyakinan tersendiri tentang rambutnya itu. Ia yakin, jika rambutnya dipotong, ia pun akan meninggal.

“Saya punya keyakinan, jika saya memangkas rambut ini, maka saya akan meninggal. Saya tak berani, bahkan untuk sekadar menyisirnya,” kata warga Vietnam bernama Nguyen Van Chien tersebut kepada kantor berita Reuters.

Nguyen Van Chien punya keyakinan tersendiri tentang rambutnya
Chien mengatakan ada “panggilan” yang menyebabkannya tak mau memotong, menyisir dan keramas rambut. | Reuters

“Saya merawatnya dengan hati-hati, menutupi rambut dengan kain agar tetap kering, bersih, dan tampak bagus,” katanya lagi.

Kini Nguyen Van Chien telah berusia 92 tahun. Kakek yang tinggal di kawasan Delta Mekong ini percaya bahwa rambut sejatinya harus dibiarkan tumbuh sejak lahir dan tak boleh dipotong.

Sejak kelas 3 SD

Chien yang tinggal di desa sekitar 80 kilometer di barat Ho Chi Minh City, mengisahkan dulu semasa kecil dia sempat diminta memotong rambutnya.

Saat itu ia masih bersekolah di sekolah dasar.

Namun ia keluar sekolah setelah kelas tiga dan sejak itu tak pernah memotong, menyisir dan mencuci rambutnya lagi.

“Saya ingat rambut saya dulu hitam, tebal, dan kuat. Saya pernah cuci dan sisir supaya halus. Namun saat saya dengar panggilan dari kekuatan yang tak terlihat, saya sadar, saya telah terpilih,” katanya.

Pria usia 92 tahun dengan rambut lima meter yang tak pernah dikeramas dan tak pernah dipotong. (Reuters)
Pria usia 92 tahun dengan rambut lima meter yang tak pernah dikeramas dan tak pernah dipotong. | Reuters

“Saya sentuh rambut saya dan dalam semalam menjadi sangat keras. Rambut ini menjadi seperti tertanam di kepala saya dan menjadi benda tersendiri.”

Chien, yang memuja sembilan kekuatan dan tujuh dewa, yakin ia mendapat panggilan untuk memelihara rambutnya, yang ia bungkus dengan turban oranye.

Pria lanjut ini menganut keyakinan yang disebut Dua, kepercayaan kelapa, nama pendirinya yang mengklaim ia hidup hanya dengan makan kelapa untuk mempertahankan staminanya.

Keyakinan terlarang

Sementara Dua sendiri, di Vietnam merupakan aliran yang terlarang dan disebut sebagai keyakinan sebagai keyakinan sesat.

Putra kelima Chien, Luom, membantu ayahnya mengurus rambutnya.

Putranya ini juga percaya ada kaitan antara rambut dan kematian, dan mengklaim pernah melihat seorang pria meninggal setelah mencoba mengikat rambutnya dengan tali.

“Rambut terlihat sebagai sesuatu yang sederhana namun sesuatu yang suci,” kata Luom yang kini berusia 62 tahun.

Nah gimana, apa mau ikutan seperti Nguyen Van Chien, tidak pangkas dan cuci rambut sampai puluhan tahun? (*)

Baca Artikel Selanjutnya: