Banyak Dokter Jadi Korban COVID-19, Buya Syafii Sebut Bangsa Bisa Oleng, Menkes Diminta Bekerja

Buya juga meminta Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan dan jajarannya untuk turun tangan.
Banyak Dokter Jadi Korban COVID-19, Buya Syafii Sebut Bangsa Bisa Oleng, Menkes Diminta Bekerja
Banyak Dokter Jadi Korban COVID-19, Buya Syafii Sebut Bangsa Bisa Oleng, Menkes Diminta Bekerja. | Foto: Twitter

Banyak Dokter Jadi Korban COVID-19, Buya Syafii Sebut Bangsa Bisa Oleng, Menkes Diminta Bekerja

DotBerita | Yogyakarta – Peningkatan kasus kematian dokter dan tenaga medis akibat ikut terpapar Coronavirus Disease (COVID-19) disikapi Buya Syafii Maarif. Tokoh Muhammadiyah itu menyebut Indonesia akan oleng jika situasi ini tidak segera diatasi.

Hal itu disampaikan Buya Syafii dalam sebuah pesan tertulis yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: IDI Ungkap Insentif Tenaga Medis COVID-19 Aceh Belum Dibayar Pemerintah

Buya Syafii mengaku prihatin dengan kabar banyak dokter dan tenaga medis yang wafat di masa pandemi virus Corona atau COVID-19 ini. Ia meminta Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto bekerja maksimal mengatasi persoalan tersebut.

“Yml. Presiden Republik Indonesia sebagai salah seorang yang tertua di negeri ini, batin saya menjerit dan goncang membaca berita kematian para dokter yang sudah berada pada angka 115 pagi ini plus tenaga medis yang juga wafat dalam jumlah besar pula,” kata Buya Syafii dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/9/2020).

Buya juga meminta Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan dan jajarannya untuk turun tangan. Mengingat dokter dan paramedis merupakan garda terdepan penanganan virus Corona atau COVID-19 ini.

IDI Ungkap Insentif Tenaga Medis COVID-19 Belum Dibayar Pemerintah
Ilustrasi – Tenaga medis Covid-19. | Foto: SHUTTERSTOCK

“Pak Presiden, mohon diperintahkan kepada Menteri Kesehatan dan jajarannya untuk berupaya semaksimal mungkin menolong nyawa para dokter ini,” tuturnya.

“Jika begini terus, bangsa ini bisa oleng karena kematian para dokter saban hari dalam tugas kemanusiaannya di garis paling depan. Terima kasih Pak Presiden,” ujar Buya Syafii.

BACA JUGA: Tenaga Medis Positif Covid-19 yang Dirawat di RSUZA Banda Aceh Ditransfer ke Lokasi Baru

Orang dekat Buya Syafii Maarif, Erik Tauvani, seperti laporan detikcom, mengatakan pesan ini ditulis Buya untuk Presiden Jokowi pagi ini. Pesan ini ditujukan sebagai pengingat agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Buya mengirimkan langsung pesan itu ke Presiden, Mbak. Lalu di-share ke kawan-kawan agar sama-sama menjadi pengingat bersama bahwa wabah ini berbahaya dan kita turut membantu nakes dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan,” kata Erik Tauvani lewat pesan singkat siang ini. (detik.com/*)