BNN Musnahkan 6 Ton Batang Ganja di Aceh Utara

Batang ganja yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut merupakan hasil temuan petugas BNN dari areal seluas 5 hektar.
Pemusnahan 6 ton batang ganja dari lahan seluas 5 hektar oleh Badan Narkotika Nasional di kawasan Desa Jurong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Selasa (25/8/2020). | Foto IST

DotBerita | Lhokseumawe – Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan sekitar 6 ton batang ganja di kawasan Desa Jurong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Selasa (25/8/2020).

Batang ganja yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut merupakan hasil temuan petugas BNN dari areal seluas 5 hektar.

Kegiatan pemusnahan dipimpin langsung Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Aldrin M Hutabarat.

Sejumlah pihak terkait turut hadir dalam kegiatan pemusnahan batang dan ladang ganja, seperti dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Kejaksaan Negeri dan Dinas Pertanian serta BNNK Lhokseumawe.

Brigjen Pol Aldrin M Hutabarat mengatakan pemusnahan ladang ganja merupakan hasil penyelidikan BNN beberapa hari terakhir.

Total tanaman ganja yang dimusnahkan seberat enam ton. Pemusnahan dilakukan dengan cara dicabut dan lalu dibakar di lokasi.

“Pemusnahan ladang ganja ini berawal dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim BNN RI sejak dua hari lalu di beberapa tempat di wilayah Aceh Utara,” kata Brigjen Pol Aldrin M Hutabarat.

Dijelaskan pemusnahan tanaman ganja yang diperkirakan sebanyak 10 ribu batang tersebut dilakukan dengan dibakar.

“Total tanaman ganja yang berhasil dimusnahkan sekitar 10 ribu batang dengan berat enam ton dari luas lahan sekitar lima hektar lebih,” ujarnya.

Dalam pemusnahan, BNN menerjunkan sekitar 150 personil gabungan dengan menempuh jarak lebih kurang sekitar 30 menit perjalanan. (*)