Cair Pekan Ini, Berikut Info Terbaru Soal Bantuan Insentif Rp600 Ribu

Pemerintah disebutkan butuh waktu paling lambat 4 hari untuk merealisasikan bantuan tersebut, terhitung sejak kemarin.
Cair Pekan Ini, Berikut Info Terbaru Soal Bantuan Insentif Rp600 Ribu
ILUSTRASI- Bantuan Insentif Rp600 Ribu. | NET

DotBerita | Jakarta – Program bantuan dana insentif sebesar Rp600 ribu kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta akan dicairkan pemerintah dalam pekan ini. Pemerintah disebutkan butuh waktu paling lambat 4 hari untuk merealisasikan bantuan tersebut, terhitung sejak kemarin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangannya kepada wartawan menjelaskan, Presiden Joko Widodo menekankan agar bantuan Rp 600 ribu untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta dapat segera dicairkan minggu ini.

“Pokoknya bapak Presiden minta pada minggu ini diluncurkan, nanti kalo sudah ada batch pertama pasti ditransfer,” kata Sri Mulyani di Gedung DPR Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Dia menuturkan saat ini sebetulnya keseluruhan kesiapan untuk bantuan ini sudah ada. Mulai dari nama, alamat, hingga akun bank milik penerima sudah dipegang pemerintah.

Baca Juga:

“Yang paling penting ini keseluruhan kesiapannya sudah ada. Kayak nama, alamat, nomor account, sudah ada,” kata Sri Mulyani.

Bantuan insentif Rp600 ribu sedianya akan diberikan hari ini. Akan tetapi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pemerintah masih butuh untuk melakukan validasi data penerima bantuan.

Ida menyebut, berdasarkan petunjuk teknis (juknis) penyaluran bantuan tersebut, setidaknya butuh waktu paling lambat 4 hari terhitung sejak kemarin untuk melakukan pengecekan data calon penerima bantuan Rp 600 ribu.

“Kalau di juknis-nya (petunjuk teknis) itu waktu paling lambat itu 4 hari untuk melakukan ceklis itu, jadi 2,5 juta, kami mohon maaf butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada,” kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2020).

Ida Fauziyah berjanji penyaluran bantuan kepada 2,5 juta pekerja yang masuk batch pertama dapat dilakukan pada akhir Agustus ini.

“Kami memang menargetkan bisa dilakukan transfer itu dimulai dari akhir bulan Agustus ini,” kata dia. (*)