Desember, Partai Baru Amien Rais Dideklarasikan

Mantan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu disebut akan mendeklarasikan partai barunya pada Desember tahun ini.
Desember, Partai Baru Amien Rais Dideklarasikan
Amien Rais

DotBerita | Jakarta – Desas-desus soal rencana Amien Rais mendirikan partai baru mulai semakin menunjukkan titik terang. Mantan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu disebut akan mendeklarasikan partai barunya pada Desember tahun ini.

Hal itu terungkap setelah Agung Mozin, seorang loyalin Amien Rais mengungkapkan ke publik. Dia mengatakan rencana pendirian partai baru tersebut sedang dalam tahap persiapan.

“Paling lambat Desember sedang dipersiapkan oleh Pak Putra Jaya Husein untuk administrasinya, kemudian untuk deklarasinya sedang dipersiapkan juga oleh Pak Chandra Tirta Wijaya,” ungkap Agung Mozin kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Dia menjelaskan, partai baru tersebut nantinya akan langsung dideklarasikan Jakarta. Hanya saja, Agung belum bisa memastikan terkait tanggal deklarasi termasuk nama partai yang akan didirikan.

Dia juga mengungkap, banyak pihak yang menyatakan mendukung terkait rencana pendirian partai baru yang akan dideklarasikan tersebut. Salah satunya dari putra Amien Rais sendiri, yakni Hanafi Rais.

Meski begitu, Agung masih merahasiakan tokoh-tokoh yang akan ikut bergabung. Termasuk belum diketahui apakah Hanafi bakal bergabung secara aktif di partai itu.

Agung menyebut, identitas para tokoh tersebut sengaja dirahasiakan sementara waktu karena menurutnya jika diungkap sekarang maka akan muncul hambatan.

“Mereka banyak yang menyatakan diri ingin berkabung, cuma saya belum bisa sampaikan nama-nama mereka. (Khawatir) digembosi, dibujuk oleh partai lama,” ujarnya.

Ingin bergabung

Agung menuturkan, sejak rencana pendirian partai baru Amien Rais diungkap, banyak tokoh di pusat maupun di daerah yang berharap bisa bergabung.

Hal itu, kata dia, disebabkan oleh sosok Amien Rais yang masih konsisten menyuarakan kepentingan rakyat.

Terlebih menurutnya, kondisi parpol-parpol saat ini banyak yang hanya mengikuti kepentingan penguasa.

“Karena mereka melihat partai partai yang ada sekarang ini sudah terkooptasi, sudah tidak lagi menyuarakan apa yang jadi kepentingan rakyat. Mana ada partai partai yang berani beda dengan Pak Amien, penguasa hari ini, tidak ada,” ujar dia.

Wacana pendirian partai baru Amien Rais telah jauh hari digulirkan. Bahkan, mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad disebut-sebut ikut merapat ke partai baru yang digagas Amien Rais bersama beberapa kader PAN yang berseberangan dengan Zulkifli Hasan.

Hal ini seperti diungkapkan Asri Anas. Dia mengatakan ada beberapa tokoh nasional yang sudah merapat. Namun, ia baru bisa mengungkap nama Abraham.

“Yang pasti dua minggu yang lalu kami bertiga, salah satunya misalnya yang berdiskusi dengan Pak Amien Rais itu adalah Abraham Samad kan. Ada kok kami, fotonya juga ada,” kata Ketua DPW PAN Sulawesi Barat dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (27/3/2020). (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca