Donald Trump Klaim Amerika Akan Memiliki Vaksin Corona Kurang dari Sebulan

Donald Trump melontarkan pernyataan yang mengklaim bahwa negaranya akan memiliki vaksin untuk virus tersebut dalam waktu tiga atau empat minggu lagi.
Klaim Amerika Akan Memiliki Vaksin Corona Kurang dari Sebulan
Presiden AS Donald Trump | BBC World

Donald Trump Klaim Amerika Akan Memiliki Vaksin Corona Kurang dari Sebulan

DotBerita | Washington DC – Di tengah banjir kritik atas pola penanganan wabah COVID-19 di Amerika Serikat (AS), Donald Trump melontarkan pernyataan yang mengklaim bahwa negaranya akan memiliki vaksin untuk virus tersebut dalam waktu tiga atau empat minggu lagi.

Klaim Presiden AS ini sekaligus memberikan kerangka waktu lebih cepat dari prediksi-prediksi sebelumnya.

BACA JUGA: Kubu Sekutu juga Kritik Habis-habisan Rencana Kebijakan Presiden Trump Ini

Seperti dilansir detikcom dari Reuters dan The Telegraph, Rabu (16/9/2020), klaim itu disampaikan Trump saat berbicara dalam sesi tanya-jawab dengan pemilih di Pennsylvania dalam diskusi townhall yang digelar ABC News.

Dalam diskusi itu, Trump membela cara penanganan pemerintahannya terhadap pandemi Corona. Dia mengklaim bahwa sebuah vaksin Corona akan siap didistribusikan segera.

“Kita sangat dekat untuk mendapatkan sebuah vaksin,” ucap Trump, tanpa menyebut vaksin buatan siapa yang dimaksudnya.

“Jika Anda ingin mengetahui kebenarannya, pemerintahan sebelumnya mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun karena FDA (Otoritas Makanan dan Obat-obatan AS-red) dan semua persetujuannya. Dan kita dalam beberapa minggu untuk mendapatkannya (vaksin-red), Anda tahu, mungkin bisa jadi tiga minggu, empat minggu,” klaimnya.

BACA JUGA: Presiden Brazil Sebut Pembatasan Wilayah Mencekik Rakyat

Beberapa jam sebelumnya, saat diwawancara Fox News pada Selasa (15/9) pagi, Trump menyatakan bahwa vaksin Corona bisa siap dalam ’empat minggu, bisa delapan minggu’.

Partai Demokrat menyatakan kekhawatirannya bahwa Trump memberikan tekanan polisi pada regulator kesehatan pemerintah dan para ilmuwan untuk menyetujui vaksin yang dipercepat, demi membantu dirinya dalam pemilihan presiden (pilpres) November mendatang.

BACA JUGA: WHO Pimpin Produksi Besar-besaran Vaksin Atasi COVID-19

Para pakar termasuk dokter penyakit penularan pemerintah AS, Anthony Fauci, menyatakan bahwa persetujuan untuk vaksin Corona kemungkinan besar baru diberikan menjelang akhir tahun. (*)