Empat Komplotan Bersenjata Penculik Pengusaha Lhokseumawe Digulung Petugas

Empat komplotan bersenjata pelaku penculikan seorang pengusaha di Lhokseumawe berhasil diringkus Unit Jatanras Ditkrimum Polda Aceh bekerja sama dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe.
Empat Komplotan Bersenjata Penculik Pengusaha Lhokseumawe Digulung Petugas
Empat Komplotan Bersenjata Penculik Pengusaha Lhokseumawe Digulung Petugas

Empat Komplotan Bersenjata Penculik Pengusaha Lhokseumawe Digulung Petugas

DotBerita | Lhokseumawe – Empat komplotan bersenjata pelaku penculikan seorang pengusaha di Lhokseumawe berhasil diringkus Unit Jatanras Ditkrimum Polda Aceh bekerja sama dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe.

Keempat pelaku tersebut berinisial AU (40), IS (28), MJ dan AM.

Korban penculikan diketahui bernama Maimun Darwis (44) warga Desa Ulee Blang Manee Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, merupakan salah satu pengusaha showroom motor di Aceh Utara.

Dari penangkapan keempat tersangka, polisi berhasil mengamankan dua unit mobil Toyota Avanza, dua unit handphone, satu pucuk senjata api laras panjang jenis AK56 dengan 24 butir peluru, dan satu pucuk senjata api laras pendek jenis SIG SAUER beserta lima butir amunisinya.

Dari informasi yang dihimpun, operasi penangkapan kelompok kriminal bersenjata (KKB) ini bermula dari aksi penculikan kelompok tersebut.

Anggota KKB yang diduga di bawah pimpinan M alias Siwah menculik Maimun Darwis pada 9 September 2020 sekitar pukul 18.30 WIB.

Penculikan terhadap korban terjadi di rumah korban. Meski begitu, istri korban awalnya tidak mengetahui jika suaminya diculik.

Namun setelah mengecek CCTV yang terpasang di rumahnya, barulah istri korban mengetahui suaminya dibawa oleh orang tidak dikenal.

Selanjutnya, peristiwa penculikan ini dilaporkan ke Polres Lhokseumawe.

Atas laporan tersebut, pada 15 September 2020 tim gabungan dari unit V resmob Satreskrim Polres Lhokseumawe dan Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Aceh melakukan pelacakan terhadap jejak pelaku.

Upaya itu membuahkan hasil dengan ditangkapnya satu pelaku berinisial AU (40) di rumahnya di Bireuen.

Sehari berselang, petugas juga berhasil menciduk satu pelaku lain berinisial IS (28). Pelaku kedua ini juga diringkus di Bireuen, sekembalinya mengantar korban penculikan ke rumahnya menggunakan mobil L-300.

Tak berhenti sampai di situ, pengembangan lebih lanjut yang dilakukan petugas juga berhasil melacak hingga membekuk dua pelaku lainnya yang belum diduga berinsial MJ dan AM.

Meski demikian, dua inisial terakhir belum diperoleh konfirmasi resmi dari pihak kepolisian. (*)