Erdogan Telepon Presiden Jokowi, Ini yang Dibicarakan

Presiden Jokowi membicarakan peningkatan kerja sama Indonesia dan Turki melalui sambungan telkepon
Ilustrasi. Foto Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki, Erdogan. | Foto Liputan6.com

Erdogan Telepon Presiden Jokowi, Ini yang Dibicarakan

DotBerita | Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerima telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Selain saling mengucapkan selamat Idul Adha, keduanya membicarakan hal penting termasuk pengembangan vaksin corona.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, telepon dari Erdogan itu diterima Jokowi sekitar pukul 16.00 WIB, Minggu (2/8/2020) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Selamat Idul Adha kepada Yang Mulia Presiden Erdogan dan Ibu Emine, dan seluruh rakyat Turki. Saya doakan Yang Mulia selalu dalam keadaan sehat,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan hal yang sama. Erdogan mengucapkan selamat Idul Adha kepada Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta seluruh rakyat Indonesia.

Selain saling menyampaikan selamat Idul Adha, dalam percakapan tersebut, kedua kepala negara, juga membicarakan terkait kerja sama strategis antara Indonesia dan Turki.

Jokowi juga menyambut baik adanya peningkatan kerja sama kedua negara. Termasuk adanya kemungkinan kerja sama dalam penanganan virus Corona (Covid-19).

“Saya memahami, Turki berada dalam tahap lanjut untuk pengembangan vaksin. Saya senang mendengar kedua Menteri Riset dan Teknologi kita telah membahas kemungkinan kerja sama dalam hal ini,” katanya.

Jokowi juga berharap jika nantinya dalam kunjungan Erdogan ke Indonesia, berbagai kerja sama konkrit bilateral yang tengah dibahas para menteri dari kedua negara dapat terrealisasi.

“Saya harap dalam kunjungan Yang Mulia ke Indonesia, kita dapat meluncurkan proyek-proyek konkrit tersebut,” ucap Presiden Jokowi. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca