Gegara Pinjam Uang, Pemuda Aceh Besar Ini Dijebloskan Pacar ke Penjara

Kepada korban, IU beralasan uang yang ia pinjam untuk menebus mobil miliknya yang disita oleh Kejaksaan Negeri di Aceh Besar.
Gegara Pinjam Uang, Pemuda Aceh Besar Ini Dijebloskan Pacar ke Penjara
ILUSTRASI- Pemuda Aceh Besar Ini Dijebloskan Pacar ke Penjara

Gegara Pinjam Uang, Pemuda Aceh Besar Ini Dijebloskan Pacar ke Penjara

DotBerita | Banda Aceh – Nasib sial dialami seorang pemuda tanggung berinisial IU (19 tahun) asal Aceh Besar. Pasalnya, dia ditangkap polisi setelah dilaporkan kekasihnya sendiri akibat tuduhan melakukan penipuan.

Sang pacar Riska Amalia (17 tahun) melaporkan IU atas sangkaan melakukan penipuan dan penggelapan melalui laporan polisi LPB/ 413/ IX /YAN 2.5 / 2020 / SPKT tanggal 12 September 2020.

BACA JUGA: Baru Bebas Juli, AK Digerebek di Kebun Bareng Tiga Pria, Ditemukan Sabu 1,12 Gram 

Setelah melakukan pendalaman, polisi pun akhirnya menangkap pemuda itu karena dugaan melakukan pidana sebagaimana diatur melalui pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP.

Menurut polisi, tuduhan penipuan dan penggelapan terhadap IU sendiri bermula ketiga ia meminjam uang sebesar Rp8,6 juta kepada Riska Amandalia.

Gegara Pinjam Uang, Pemuda Aceh Besar Ini Dijebloskan Pacar ke Penjara
Pemuda dijebloskan ke penjara karena tuduhan penipuan dan penggelapan terhadap pacarnya sendiri. | Foto: dok. Polresta Banda Aceh

Peristiwa itu terjadi di depan Kantor Camat Darul Kamal, Aceh Besar, Selasa (8/9/2020). Kepada korban, IU beralasan uang yang ia pinjam untuk menebus mobil miliknya yang disita oleh Kejaksaan Negeri di Aceh Besar.

BACA JUGA: Terlibat Pencurian HP, SAF dan SPH Diringkus Petugas Reskrim Polresta Banda Aceh

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasatreskrim AKP M Ryan Citra Yudha dalam keterangannya mengatakan, tersangka IU diamankan oleh personel Unit Reskrim Polsek Kuta Alam di salah satu warung kopi di seputaran Kuta Alam, Banda Aceh.

Penangkapan itu setelah melakukan koordinasi dengan Unit Pidana Umum Polresta Banda Aceh, Sabtu (12/9/2020).

“Kami melakukan pendalaman dan penyidikan terhadap kasus yang menimpa korban sehingga membuahkan hasil dalam penanganan kasus tersebut,” kata Kasatreskrim. 

M Ryan menyebut, IU mengakui perbuatannya dan merupakan pacar dari korban.

BACA JUGA: Niat Temui Suami, Ibu Muda yang Lagi Mandi Jadi Korban Nafsu Bejat Teman Suami 

Sementara uang yang dipinjam dari korban sebenarnya digunakan untuk menutupi pembayaran mobil yang selama ini dirental IU.

Karena termakan bujuk rayu, korban Riska Amandalia akhirnya meminjamkan uang jutaan rupiah kepada pelaku.

Kepada pacarnya itu, IU mengatakan uang akan digunakan untuk penebusan mobil yang disita oleh Kejaksaan Negeri Jantho yang apabila mobil sudah ditebus, maka akan dijual serta uang milik korban akan dibayarkan.

“Namun ini semuanya tidak benar sehingga korban melaporkan kepada kami untuk dilakukan pengusutan,” jelas Kasatreskrim.

BACA JUGA: Sering Masuk Lewat Pintu Samping, Warga Gerebek Kadis Pertanian Ini, Berkelit Cuma Beli Pulsa

Polisi kini menahan IU dan terancam hukuman penjara selama 4 tahun.. Menurut AKP M Ryan, penahanan terhadap tersangka karena telah terpenuhinya dua alat bukti, di antaranya keterangan para saksi.

Pihak tersangka dan keluarga juga disebut tidak berupaya untuk mengembalikan kerugian (restorative justice) yang dialami korban.

BACA JUGA: Misi Mesum di ‘Mobil Goyang-goyang Sendiri’ tak Tuntas, Si Perawat juga Batal Lakukan Ini

“Dalam hal ini penyidik khawatir tersangka melarikan diri, menghapus barang bukti dan mengulangi tindak pidana, maka dilakukan penahanan di sel Polresta Banda Aceh,” katanya. (*)