Grafik Pasien COVID-19 Aceh Capai Angka 2.000 Lebih

Secara kumulatif kasus di Aceh telah mencapai 2.041 orang, dengan rincian 1.260 orang dalam perawatan rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri, 700 orang telah sembuh, dan 81 orang meninggal dunia.
Grafik Pasien COVID-19 Aceh Capai Angka 2.000 Lebih
ILUSTRASI - Pasien Corona Aceh. | Foto NET

Grafik Pasien COVID-19 Aceh Capai Angka 2.000 Lebih

DotBerita | Banda Aceh – Kasus terkonfirmasi positif Corona di Provinsi Aceh terus mengalami peningkatan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) COVID-19 Aceh melaporkan, Senin (7/9/2020), terjadi penambahan 19 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 2.041 orang terinfeksi.

Data itu sekaligus menempatkan Aceh pada peringkat ke 20 penyebaran COVID-19 dari seluruh provinsi di Indonesia.

Juru bicara GTPP COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan saat ini Aceh berada pada urutan ke 20 tertinggi dari total 34 provinsi di Indonesia.

BACA JUGA: Ratusan Muslim Rohingya Ditempatkan di BLK Lhokseumawe

Selain penambahan pasien baru, Saifullah juga melaporkan 3 kasus kematian akibat COVID-19.

“Ada tiga pasien COVID-19 dilaporkan meninggal dunia, yakni masing-masing warga Aceh Tengah, Pidie, dan warga Nagan Raya,” kata Saifullah, Senin (7/9/2020).

Dari total kasus baru yang dilaporkan, 18 di antaranya datang dari 7 kabupaten/ kota di Aceh. Sedangkan 1 sisanya merupakan warga asal luar Aceh.

BACA JUGA: Kebakaran 1 Jam, 4 Rumah di Desa Kompas Aceh Tenggara Rata dengan Tanah

Ada pun warga Aceh yang dilaporkan terkonfirmasi positif, yakni asal Banda Aceh dan Sabang masing-masing lima orang dan warga Aceh Besar empat orang.

Sedangkan sisanya masing-masing 1 warga asal Aceh Barat, Pidie, Bireuen, dan Pidie Jaya.

Secara kumulatif kasus di Aceh telah mencapai 2.041 orang, dengan rincian 1.260 orang dalam perawatan rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri, 700 orang telah sembuh, dan 81 orang meninggal dunia. 

BACA JUGA: Pria Mengamuk di Jalanan Lhokseumawe, Serang Warga Pakai Parang, Avanza dan Brio Ikut Dirusak

Di bawah Maluku

Berdasarkan data di situs COVID-19 Nasional pada Minggu (6/9/2020), angka kasus di Aceh berjumlah 2.023 orang berada di bawah Provinsi Maluku dengan jumlah 2.144 kasus dan di atas Maluku Utara berjumlah 1.887 kasus.

Peningkatan kasus COVID-19 Aceh mengalami peningkatan dalam sepekan terakhir dengan angka penambahan mencapai puluhan orang.

BACA JUGA: Kelakuan Istri saat Suami di Penjara, Tengah Malam Pelesiran ke Rumah Pria Lain, Akhirnya Digerebek Warga

Menurut Saifullah, grafik kasus tersebut cenderung fluktuatif.

“Hari ini dilaporkan 19 orang positif baru, kemarin 78 orang, dan besoknya bisa saja tidak ada kasus,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, kasus positif baru secara nasional juga mengalami naik-turun, namun data epidemiologis mingguan menunjukkan tren yang terus meningkat.

BACA JUGA: Ibu Kandung di Aceh Tengah Kubur Bayi Hidup-hidup Masih di RS, Ini yang Dilakukan Polisi 

“Karena itu diminta disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kurva epidemiologi COVID-19 Aceh dan nasional melandai,” ujar Saifullah. (*)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA: