Ini 5 Cara Tetap Sehat Cegah Tertular COVID-19

Hingga saat ini, belum ada obat atau vaksin yang terbukti secara klinis dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Terakhir, vaksin Sputnik V buatan Rusia juga masih dipertanyakan.
Ini 5 Cara Tetap Sehat Cegah Tertular COVID-19
ILUSTRASI - Cara tetap sehat dan cegah tertular Corona. | Foto NET

DotBerita – Coronavirus telah menyerang puluhan juta orang di berbagai negara dan menelan ratusan ribu korban jiwa. Karena itu, diperlukan cara agar tetap sehat dan tentunya terhindar dari penularan.

Penyebaran wabah yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, China itu memang masih menjadi kekhawatiran banyak orang.

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Ia termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

BACA JUGA: Update Corona Aceh: 13 Pasien Sembuh, 16 Meninggal

Untuk Aceh, angka kasus orang yang terkonfirmasi positif mengidap virus itu telah mencapai 1.545 orang. Dengan 886 orang di antaranya dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri.

Sedangkan 602 orang telah sembuh, dan 57 orang lainnya meninggal dunia. 

Grafik penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) per Hari Minggu, 30 Agustus 2020. | Tangkapan layar laman https://covid19.who.int/

Maka sudah barang tentu siapa pun tak ingin terpapar virus tersebut. sehingga, diperlukan cara agar selalu sehat dan terhindar dari penularannya.

Berdasarkan penelitian, virus Corona jenis ini berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan dapat menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia.

Untuk penularan antarmanusia, besar kemungkinan dapat terjadi melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Belum ada vaksin yang teruji

Hingga saat ini, belum ada obat atau vaksin yang terbukti secara klinis dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Terakhir, vaksin Sputnik V buatan Rusia juga masih dipertanyakan.

Pemerintah Indonesa juga telah berusaha mengembangkan vaksin Corona sendiri. Namun hingga kini masih terus terus diupayakan agar vaksin tersebut memang teruji dan aman digunakan bagi manusia.

BACA JUGA: Tes Swab Makan Waktu karena Harus Kirim ke Banda Aceh, Aceh Barat Rencanakan Beli PCR Sendiri

Karena itu, tak mengherankan jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih terus mengimbau masyarakat dunia untuk tidak memandang sepele penyakit ini.

Langkah pencegahanmerupakan satu-satunya yang dapat dilakukan agar terhindar dari potensi terserang virus mematikan itu.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu. Seperti demam, batuk, dan pilek.

Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Kendati begitu, beberapa kasus di antaranya juga ada yang terinfeksi meski tanpa gejala.

BACA JUGA:

Melansir berbagai sumber, berikut ini cara dan langkah yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan terhindar terinfeksi virus Corona:

1. Tetap rutin mencuci tangan pakai sabun

Sejak merebaknya virus Coorna, setiap orang orang dianjurkan untuk selalu mencuci tangan. Terutama bagi mereka yang beraktifitas di luar rumah.

Tentu hal itu harus terus dipertahankan. Karena mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV.

Selain itu, ingatlah selalu untuk mencuci tangan di air mengalir serta menggunakan sabun.

2. Pakai masker saat keluar rumah

Memakai masker adalah cara paling efektif lainnya agar terhindar dari Corona. Untuk pilihannya, masker kain juga disebut aman untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski ada pendapat yang menyebutkan sebaliknya.

Namun umum mengatakan, masker kain tetap bisa efektif mencegah dari penularan COVID-19. Kendati begitu, boleh saja pilihan lain jika Anda merasa lebih aman menggunakan masker bedah atau masker N95.

3. Perkuat stamina dan daya tahan tubuh

Kondisi fisik prima tent dibutuhkan untuk hal apa pun. Termasuk dalam menangkal terserang COVID-19.

Karena itu, Anda harus senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan, makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

BACA JUGA:

Hindari memakan makanan yang tidak sehat, rutin melakukan olahraga, hindari begadang dan bila perlu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen.

4. Selalu jaga jarak dan hindari keramaian

Pembatasan fisik atau physical distancing bukan bermaksud menghindari atau pun membuat renggang sebuah hubungan.

Pembatasan fisik dimaksud di sini adalah cara memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Apalagi kecenderungan yang terjadi saat ini, banyak orang yang telah terinfeksi justru tak menampakkan gejala. Karenanya, menjaga jarak adalah sesuatu yang penting dilakukan.

Jaga jarak yang dapat dilakukan, setidaknya 1 meter dengan orang lain sambil tetap menggunakan, terutama saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.

Kendati begitu, menghindari keramaian adalah hal lainnya yang harus Anda perhatikan

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Selain mencuci tangan, menjada kebersihan diri dan rumah adalah hal lainnya yang juga penting untuk dilakukan.

BACA JUGA:

Biasakan setiap kali setelah beraktifitas di luar rumah untuk langsung mandi terlebih dahulu. Dengan demikian, badan pun akan dipastikan bersih dan aman dari kuman.

Rutin membersihkan rumah, seperti lantai, meja atau barang perabotan lain yang memungkinkan bagi orang lain untuk mengaksesnya.

Hal ini bukan untuk membuat orang lain tersinggung, namun lebih bermaksud menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, sederhana sekali bukan? Ayo tetap terus sehat ya… (*)


Baca Artikel Selanjutnya: