Irjen Pol Wahyu Widada Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan, Begini Sanksi Jika Melanggar

Kapolda mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan karena bagi setiap pelanggar akan ditindak.
Irjen Pol Wahyu Widada Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Sanksi Jika Melanggar
Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada. | Foto rohilpos

DotBerita | Banda Aceh – Patuh terhadap protokol kesehatan merupakan langkah efektif pencegahan penularan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Karena itu, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada meminta kesadaran warga untuk mematuhinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Irjen Pol Wahyu Widada saat apel pasukan peningkatan disiplin dan penegakan hukum pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kapolda mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan karena bagi setiap pelanggar akan ditindak.

“Sanksi hukum pelanggaran protokol kesehatan masih menunggu peraturan Gubernur Aceh. Polri sebagai pelaksana bekerja sesuai hukum,” kata Irjen Pol Wahyu Widada di Banda Aceh, Senin (24/8/2020).

Kapolda menjelaskan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajaran menteri, Polri, TNI, dan pemerintah daerah untuk mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas dan fungsinya dalam menjamin kepastian hukum penanganan penyebaran virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China itu.

“Presiden RI juga sudah mengeluarkan instruksi peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Instruksi tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Karenanya, berdasarkan instruksi Presiden RI tersebut, Polda Aceh akan melakukan penegakan hukum peningkatan disiplin protokol kesehatan.

Kapolda menyebutkan, penegakan hukum dan peningkatan disiplin tersebut akan dilakukan secara terpadu.

“Penegakan hukum pendisiplinan protokol kesehatan merupakan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan memutuskan mata rantai COVID-19,” ucapnya.

Kapolda juga mengatakan penegakan hukum dan peningkatan disiplin terhadap protokol kesehatan harus dimulai dari diri sendiri dan orang terdekat.

Sehingga menjadi teladan dan akhirnya diterapkan kepada masyarakat.

“Sebagai penegak hukum, kita harus menjadi teladan. Diharapkan, penegakan hukum dan peningkatan disiplin protokol kesehatan terlaksana dengan optimal guna memutus penyebaran COVID-19,” tegas Kapolda Aceh. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca