Nasib PKS di Pilbub Bandung Usai PHP Demokrat, Punya Kursi Kedua Terbanyak tapi Gagal Usung Calon

Partai peraih kursi kedua terbanyak di DPRD Kabupaten Bandung itu pun gagal mengusung calon sendiri, meski hanya butuh satu kursi.
Nasib PKS di Pilbud Bandung, Punya Kursi Kedua Terbanyak tapi Gagal Usung Calon Setelah di-PHP Demokrat
PKS

DotBerita | Bandung – PKS seolah harus gigit jari setelah rencana koalisasi bersama Partai Demokrat batal terlaksana. Partai peraih kursi kedua terbanyak di DPRD Kabupaten Bandung itu pun gagal mengusung calon sendiri, meski hanya butuh satu kursi.

Melansir detikcom, PKS pada Pileg 2019 lalu sukses meraup hasil pemilihan dengan 10 kursi. Hasil itu menempatkan PKS sebagai parpol terbesar kedua di DPRD Bandung setelah Golkar yang memiliki 11 kursi.

Dalam perjalanan pencarian calon pendamping untuk jagonya, yaitu Gun Gun Gunawan yang saat ini menjabat wakil bupati, sempat tersiar kabar akan disandingkan dengan artis era 90-an Dina Lorenza yang merupakan kader Demokrat.

Namun seolah bertepuk sebelah tangan, pekan lalu (25/8/2020), Partai Demokrat justru memberikan dukungannya kepada pasangan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan. Demokrat lebih memilih bergabung dengan koalisi PKB dan Partai NasDem.

BACA JUGA:

Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung Jajang Rohana mengatakan, setelah gagal berjalan bersama dengan Demokrat, sejumlah partai menutup pintu untuk berkoalisi.

“Sekarang semua partai sudah pada ngunci ke PKS, sampai detik ini, walaupun kami menyadari kalau politik ini dinamis bisa saja berubah, yang pastinya kan kalau daftar ke KPU,” ujar Jajang beberapa hari lalu (28/8/2020).

Belum putuskan

Sadar dengan hal ini, PKS diketahui membuka diri kepada ketiga pasangan. Baru satu pasangan yang mulai mendekati PKS yakni DS dan Sahrul Gunawan.

“Beliau (Dadang Supriatna) sudah datang kepada kami, serius memohon dukungan, ya masa kita tolak yah. Kalau memang serius kemungkinan akan didukung, kalau serius,” tambahnya.

Meski demikian, pihak PKS belum memutuskan akan bergabung pada koalisi mana. Jajang mengatakan, perkembangan politik akan terus berubah PKS akan menunggu hingga hari pendaftaran tiba.

Sejauh ini ada tiga pasangan yang digadang-gadang akan maju di Pilbup Bandung.

Ada pun pasangan tersebut, yaitu Nia Kurnia dengan Usman Sayogi (Golkar, Gerindra), Yena Iskandar Masoem dan Atep Rizal (PDIP dan PAN) serta DS bersama Sahrul Gunawan. (*)

Baca Artikel Selanjutnya: