Penampakan Langit di California Berwarna Oranye, Dibandingkan dengan Kondisi Akhir Zaman

Penampakan langit di sebagian Pantai Barat Amerika berubah oranye pada hari Rabu, (8/9/2020).
Penampakan Langit di California Berwarna Oranye, Dibandingkan dengan Kondisi Akhir Zaman
Langit California berwarna oranye akibat kebakaran hutan di San Francisco, California, (9/9/2020). | Foto: REUTERS/Stephen Lam

Penampakan Langit di California Berwarna Oranye, Dibandingkan dengan Kondisi Akhir Zaman

DotBerita | San Francisco – Penampakan langit di sebagian Pantai Barat Amerika berubah oranye pada hari Rabu, (8/9/2020). Peristiwa tersebut sebagai dampak kebakaran hutan yang cepat menyebar dan menghancurkan rumah serta memaksa ribuan orang mengungsi di California, Oregon dan Washington.

Di Bay Area, melansir Tempo.co, tidak ada penampakan matahari terbit akibat campuran kabut dan asap dari kebakaran hutan selama berminggu-minggu yang menyelimuti kota-kota dalam kabut yang menyerupai cahaya fajar terus-menerus.

BACA JUGA: Ini Pernyataan Sikap MUI Soal Rencana Menag Fachrul Razi Sertifikasi Penceramah

“Hari masih gelap seolah-olah jam 6 pagi, tapi sekarang sudah jam 8,” kata Kim Hart, 48, yang tinggal di lingkungan Hayes Valley di San Francisco, sebagaimana dikutip NBC News, Rabu.

Mobil-mobil tetap menyalakan lampu saat pengemudi merayap, dan kota mengirimkan peringatan teks peringatan “kabut luas” dan “langit yang lebih gelap” di seluruh area.

Akhir zaman

Di media sosial, orang membandingkan pemandangan langit California itu dengan film akhir zaman, dan webcam regional yang biasanya menampilkan pemandangan dari area puncak, malah menampilkan langit oranye yang bersinar.

BACA JUGA: Ternyata Tidak Semua Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu, Begini Penjelasannya

“Rasanya menyeramkan. Udara memiliki bau yang aneh, meski tidak mirip bau api seperti yang Anda duga, ”kata Hart.

Sekitar pukul 11 pagi, langit di sekitar San Francisco tampak semakin gelap, dan matahari masih belum terlihat di balik asap.

Sebagian besar wilayah California telah terbakar selama berminggu-minggu karena kebakaran menghabiskan 2,3 juta hektare, atau 20 kali lipat dari yang terjadi tahun lalu, kata Gubernur Gavin Newsom, Selasa.

BACA JUGA: Heboh Screenshot Chat Mesra Sekda Bondowosa, Ternyata Begini Awal Ceritanya

Di negara bagian Washington, kebakaran hutan hampir melenyapkan seluruh kota kecil itu pada hari Selasa. Di Oregon, ribuan orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka pada Rabu setelah kebakaran terjadi di seluruh negara bagian itu, The Oregonian melaporkan.

Langit yang dipenuhi asap menambah ketakutan dan ketegangan bahkan bagi penduduk yang rumahnya tidak langsung terancam. Beberapa mengatakan itu tampak seperti planet lain; yang lain mirip musim dingin nuklir. (*)

Toko Elektronik Terbakar Pagi Tadi, 4 Penghuni Tewas Terpanggang