Pilu, Bayi Berusia Seminggu di Kudus Positif Covid-19, Sang Ibu Juga Positif

Santri di Aceh Timur reaktif Corona berdasarkan Rapid Test
Ilustrasi reaktif virus Corona. | Foto: Edi Wahyono

DotBerita | Kudus – Seorang ibu dan bayi yang baru seminggu dilahirkannya dinyatakan postif mengidap Covid-19. Hal itu terkonfirmasi setelah pemeriksaan swab.

Dilansir dari detikcom, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus menyampaikan ibu bayi laki-laki berusia sepekan yang kena virus Corona atau COVID-19 juga terkonfirmasi positif virus tersebut. Hasil tes swab ibu tersebut keluar hari ini.

“Baru saja (Sabtu ini) info rumah sakit, ibu bayi (bayi laki-laki yang berusia tujuh hari sebelumnya konfirmasi positif Corona) terkonfirmasi positif Corona. Namun belum ternotifikasi hari ini (belum dilaporkan di dinas kesehatan Kabupaten Kudus),” kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kudus, Andini Aridewi dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Sabtu (4/7/2020).

Andini menyampaikan, meskipun ibu dan bayinya dalam kondisi baik. Keduanya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Keduanya baik. Karena memang tidak ada penyakit penyerta lain,” kata Andini.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah akan melakukan upaya tracing kepada orang yang sebelumnya kontak erat dengan pasien tersebut.

“Mulai besok, karena info positif baru kami terima,” ujar dia.

Lebih lanjut, Andini mengatakan, kasus ini awalnya diketahui saat sang ibu melahirkan di rumah sakit dilakukan rapid test terlebih dahulu dan hasilnya reaktif. Sehingga ibu dan bayi yang dilahirkan langsung menjalani tes swab.

“Ini bermula dari rapid reaktif ibu,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang bayi laki-laki baru berusia sepekan di Kudus terkonfirmasi positif virus Corona dan dirawat di RS Mardi Rahayu Kudus. Bayi tersebut dirawat di RS Mardi Rahayu sejak 2 Juli 2020 tanpa penyakit penyerta.

Sementara itu adapun data jumlah penanganan COVID-19 di Kudus per Sabtu (4/7) malam, jumlah kasus terkonfirmasi positif Corona di Kudus ada sebanyak 279. Sebanyak 80 kasus di antaranya merupakan warga dari luar daerah yang dirawat di Kudus.

Sedangkan jumlah kasus warga Kudus yang terkonfirmasi positif Corona sebanyak 199 kasus. Ada sebanyak 43 pasien yang masih dirawat, sebanyak 67 orang isolasi mandiri, 18 kasus meninggal dunia, dan sebanyak 71 kasus sembuh dari Corona. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca