Plt Gubernur Aceh Pertimbangkan Tambah dan Tidak Kunci Dana Bantuan RSUD

Nova juga berencana mengubah pola penetapan program bantuan tersebut sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaannya.
Plt Gubernur Aceh Pertimbangkan Tambah dan Tidak Kunci Dana Bantuan RSUD
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah | Foto: Dok Pemprov Aceh

Plt Gubernur Aceh Pertimbangkan Tambah dan Tidak Kunci Dana Bantuan RSUD

DotBerita | Idi – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan akan mempertimbangkan penambahan alokasi bantuan bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten/kota di Provinsi. Nova juga berencana mengubah pola penetapan program bantuan tersebut sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaannya.

“Ada masukan agar dana yang dialokasikan Pemerintah Aceh tidak dikunci dan ini akan kita pertimbangkan kembali,” kata Nova Iriansyah dalam pernyataannya di sela-sela kunjungan kerja meninjau penanganan COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur dan pembangunan ruas jalan tahun jamak, Sabtu (12/9/2020).

Dijelaskan Nova sebelumnya, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana bantuan obat-obatan sebesar Rp10 miliar untuk kabupaten/kota.

Namun sesuai laporan dari RSUD perlu adanya tambahan menyusul turunnya pendapatan karena COVID-19.

BACA JUGA: Paripurna DPRA Setuju Interpelasi Nova Iriansyah

“Sesuai dengan laporan dari Direktur Rumah Sakit dan juga Bupati Aceh Timur adanya penurunan pendapatan karena turunnya pasien umum. Ini akan menjadi perhatian dan saya bahas kembali nantinya,” sebut Plt Gubernur Aceh.

Nova juga mengatakan akan merumuskan mekanisme bantuan obat-obatan guna membantu rumah sakit daerah.

Menurutnya, sumber alokasi bantuan tersebut nantinya akan menggunakan dana yang masih tersedia dengan tetap memperhatikan kebutuhan.

BACA JUGA: Nova Iriansyah Urung Hadir, DPRA Tunda Paripurna Bahas Qanun Pertanggungjawaban APBA

“Saya juga sangat mengapresiasi penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Timur,” ujarnya.

Sementara itu, direktur RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, dr Edi Gunawan menyebutkan saat ini rumah sakit yang dipimpinnya memiliki tujuh ruangan Pinere dengan kapasitas satu ruangan empat sampai lima ruangan.

Dalam kegiatan peninjauan langsung penanganan di RSUD Zubir Mahmud, Plt Gubernur Aceh turut didampingi Kepala Dinas PUPR Aceh, Fajri dan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani.

BACA JUGA: Ternyata Puluhan TKA China Tiba Lagi ke Nagan Raya, Disnakermobduk Aceh Mengaku Tidak Tahu

Hingga hari ini, data penyebaran wabah Corona di Aceh Timur hanya tercatat 24 kasus dengan 4 di antaranya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zubir Mahmud. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca