Polsek Darul Imarah Selidiki Kasus Penemuan Uang Palsu

Ilustrasi uang palsu. | Foto NET

Polsek Darul Imarah Selidiki Kasus Penemuan Uang Palsu

DotBerita | Banda Aceh – Uang palsu pecahan seratus ribu ditemukan beredar. Seorang warga Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar berstatus petugas PNPM Mandiri menemukan uang palus tersebut sebanyak delapan lembar, Rabu (8/7/2020). Diduga, uang tersebut bersumber dari warga yang membayar cicilan simpan pinjam kepadanya.

Penemuan uang palsu tersebut kini tengah diselidiki aparat kepolisian.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Darul Imarah Iptu Suriya, SPd.I dalam keterangannya, mengatakan penemuan uang palsu keluaran emisi 2016 tersebut di rumah salah seorang petugas PNPM dalam wilayahnya.

“Atas dasar laporan petugas PNPM Mandiri Kecamatan Darul Imarah kepada personel kami, sehingga kami melakukan penyelidikan terhadap kepemilikan uang palsu tersebut,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, dari hasil penyelidikan yang didapatkan di lapangan, petugas mendapatkan uang palsu tersebut dari salah seorang warga setempat yang disetorkan sebanyak 930 ribu pada hari Rabu (8/7/2020).

“Namun dari setoran tersebut ditemukan delapan lembar uang palsu pecahan 100 ribu dan satu lembar lagi dinyatakan uang setoran dari warga lainnya namun sudah lama, dan petugas PNPM tersebut tidak mengetahui lagi siapa penyetor pinjaman menggunakan uang palsu tersebut,” katanya.

Saat ini, uang palsu pecahan 100 ribu tersebut telah diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Darul Imarah untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Oknum yang terbukti melakukan pemalsuan uang akan dikenakan pidana sesuai dengan Pasal 244 KUHP dengan pidana paling lama 15 tahun penjara. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca