Sabang, Surga Dunia yang Hanya Ada di Aceh

Pelabuhan Balohan, selamat datang di Pulau Sabang

Laporan Redaksi

Banda Aceh (DotBeritaCom) – Sabang merupakan kepulauan paling barat Indonesia menawarkan sederet keindahan alam memesona. Pulau dengan kondisi geografis daratannya yang bergunung-gunung dan dikelilingi pantai eksotis ini adalah pilihan sempurna bagi liburan Anda atau yang punya hobi travelling.

Pesona Sabang semakin terasa sempurna karena dilengkapi dengan sejumlah potensi wisata menjual bagi siapapun yang menjejakkan kaki di pulau berjarak sekitar 25 mil laut dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ini.

Sederet destinasi memikat tersedia di Sabang. Seperti Pantai Iboih, Pantai Anoei Itam, Gapang, Pulau Rubiah, Danau Aneuk Laot, Guha Sarang dan banyak lagi yang lainnya.

Tak salah bila ada ungkapan yang menyebut Sabang bak surga dunia.

Sejak masa penjajahan, Sabang kerap dijadikan sebagai lokasi pertahanan karena posisinya yang strategis. Baik Belanda ataupun Jepang pernah menjadikan pulau ini sebagai basis pertahanan utama. Hal ini dapat ditelisik dari sejumlah peninggalan bangunan kolonial dan benteng sisa Perang Dunia II banyak terdapat di sana.

Selain itu, Sabang juga pernah berjaya menjadi kawasan perdagangan dunia. Ini juga yang menjadi cikal bakal ditetapkannya Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Beralih ke destinasi atau objek wisata, Sabang juga punya Titik Kilometer Nol Indonesia yang sudah pasti tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia.

Sabang juga sangat menjanjikan bagi Anda yang punya hobi snorkeling atau diving. Keindahan alam bawah laut Sabang bahkan diakui dunia.

Nah, gimana dengan Anda para pembaca DotBeritaCom? Semoga artikel ini cukup menjadi rujukan bagi Anda untuk memilih liburan ke Pulau Sabang.[]

redaksi dbcom
Penulis yang membaca