Ternyata Anjing juga Bisa Terjangkit Covid-19

696 warga Bener Meriah jalani swab massal
Ilustrasi virus Corona | Foto: DW (News

Ternyata Anjing juga Bisa Terjangkit Covid-19

DotBerita | Jakarta – Kasus pertama anjing yang dilaporkan positif terjangkit virus Corona ditemukan di Amerika Serikat. Hewan peliharaan tersebut kini telah mati setelah mengalami gejala-gejala yang mirip dengan kasus Corona yang terjai pada manusia.

Demikian mengutip detikcom berdasarkan laporan majalah National Geographic pada Kamis (30/7/2020) waktu setempat yang dilansir kantor berita AFP, Jumat (31/7/2020).

Majalah National Geographic melaporkan pekan ini, anjing gembala Jembara bernama Buddy, berusia tujuh tahun jatuh sakit pada bulan April, di saat bersamaan saat pemiliknya, Robert Mahoney sembuh dari penyakit COVID-19.

Anjing Buddy dilaporkan mengalami hidung mampet dan kesulitan bernafas, dan kondisinya memburuk dalam beberapa minggu dan bulan berikutnya.

Robert Mahoney dan istrinya Allison, warga yang tinggal di New York, akhirnya melakukan euthanasia pada anjing tersebut pada 11 Juli setelah peliharaan mereka mulai muntah darah, kencing darah dan tidak bisa berjalan.

Namun keluarga itu mengatakan kepada National Geographic bahwa mereka kesulitan mengkonfirmasi kecurigaan mereka bahwa anjing Buddy terinfeksi virus Corona.

“Tanpa bayangan keraguan, saya pikir (Buddy) positif,” ujar Mahoney, tetapi banyak dokter hewan di daerah mereka saat itu tutup karena pandemi Corona.

Sehingga akhirnya sebuah klinik mengkonfirmasi bahwa Buddy benar-benar positif terinfeksi Corona, dan menemukan bahwa anak anjing berumur 10 bulan milik keluarga tersebut, yang tidak pernah sakit memiliki antibodi virus tersebut.

“Kami tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman dengan dasar ilmiah COVID pada anjing,” ungkap Robert Cohen, dokter hewan yang menguji Buddy, kepada majalah National Geographic.

Namun demikian, otoritas kesehatan kota maupun federal saat itu tidak tertarik untuk mempelajari kasus Buddy. Ketika mereka memutuskan untuk melakukan necropsy, Buddy sudah dikremasi.

Berdasarkan laporan National Geographic, sejauh ini, dilaporkan setidaknya terdapat 12 anjing dan sepuluh ekor kucing telah dites positif virus Corona di Amerika Serikat. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca