Ternyata Hasil Swab Darwati A Gani dan Keluarga Negatif Covid-19, Siapa Sebar Hoax?

Kabar Duka, Satu Lagi Warga Aceh Barat Idap COVID-19 Meninggal
ILUSTRASI - COVID-19

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Informasi yang menyebut 15 keluarga Irwandi Yusuf termasuk sang istri, Darwati A Gani, positif  terpapar Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) kini terbantahkan.

Berdasarkan hasil swab PCR yang dilakukan dilakukan di dua tempat sekaligus, yakni Balitbangkes Aceh dan Laboraturium Unsyiah, Darwati A Gani beserta keluarga dinyatakan negatif.

Sebelumnya Irwandi Yusuf melalui akun media sosial Facebook menyebarkan informasi perihal 15 anggota keluarganya terpapar Covid-19.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya. kabar mengejutkan disampaikan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Melalui media sosial facebook, ia mengabarkan 15 anggota keluarganya termasuk sang istri, Darwati A Gani terkonfirmasi postif terpapar virus Corona.

Namun pihak Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh menyatakan belum mengetahui pasti kabar tersebut karena belum menerima hasil pemeriksaan sampel usap (swab).

Diketahui, 15 orang anggota keluarga eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berdomisili di kawasan Lamprit, Kota Banda Aceh.

Irwandi menyebutkan, anggota keluarganya tersebut termasuk istrinya Darwati A Gani, terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal itu disampaikan Irwandi Yusuf melalui postingan di akun facebook miliknya bernama Irwandi Teungku Agam Yusuf, yang dikelola oleh tim administrator.

Saat ini Irwandi Yusuf sedang menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin Jawa Barat, akibat tersandung kasus masalah hukum.

Dalam postingan di akun facebook tersebut, Irwandi menyebutkan pasca satu orang penghuni rumahnya di Lamprit Banda Aceh tertular COVID-19, maka dua hari yang lalu seluruh anggota keluarganya yakni 15 orang melakukan uji swab PCR.

“Hari ini telah keluar hasil bahwa seluruh anggota keluarga saya di rumah Lamprit dinyatakan positif corona, tetapi tidak memperlihatkan gejala asymptomatic alias tidak ada gejala sakit,” tulis Irwandi di akun Facebook, yang dilihat DotBerita Rabu (5/8/2020).

Terbantahkan

Namun kini kabar itu terbantahkan dengan hasil swab yang dikeluarkan Balitbangkes Aceh dan Laboraturium Unsyiah, Darwati A Gani beserta keluarga dinyatakan negatif dari Corona.

Hal itu sekaligus membuktikan bahwa kabar yang disampaikan Irwandi Yusuf tidak benar adanya. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca