Ternyata Puluhan TKA China Tiba Lagi ke Nagan Raya, Disnakermobduk Aceh Mengaku Tidak Tahu

Kepala Disnakermobduk Aceh, Iskandar Syukri, kepada wartawan menyebutkan dirinya tidak mengetahui jadwal kedatangan ke-41 TKA tersebut.
Ternyata Puluhan TKA China Tiba Lagi ke Nagan Raya, Disnakermobduk Aceh Mengaku Tidak Tahu
Puluhan TKA China datang ke Aceh. | Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS

Ternyata Puluhan TKA China Tiba Lagi di Nagan Raya, Disnakermobduk Aceh Mengaku Tidak Tahu

DotBerita Nagan Raya – Sebanyak 41 tenaga kerja asing (TKA) asal China dilaporkan kembali tiba di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Jumat (11/9/2020).

Meski begitu, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh mengaku tidak diberitahu perihal kedatangan para pekerja asing yang bakal bekerja di proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4 Nagan Raya itu.

Kepala Disnakermobduk Aceh, Iskandar Syukri, kepada wartawan menyebutkan dirinya tidak mengetahui jadwal kedatangan ke-41 TKA tersebut.

Iskandar mengaku sudah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengawasan di Nagan Raya.

BACA JUGA: Istri Kedua Nova Iriansyah Disebut tak Terdaftar di KIP tapi Diberikan Fasilitas Negara, Tiyong: Ada Pemalsuan

“Saya minta (tim pengawas) tetap berada di Nagan Raya sehubungan informasi akan datang TKA lagi. Semua harus diperiksa kembali kelengkapannya untuk mengetahui keabsahan mereka,” kata Iskandar, dikutip dari detik, Jumat (11/9/2020).

Iskandar mengungkap, pihak perusahaan tidak melapor secara resmi ke Disnaker Aceh ketika mempekerjakan TKA. Iskandar mengaku hanya mendapat laporan dari Disnaker Nagan Raya.

Akhir Agustus lalu, 39 TKA diketahui juga masuk ke Nagan Raya. Iskandar mengaku sudah mengutus bawahnya untuk melakukan pengawasan.

“Tim pengawas dari Disnakermobduk Aceh sudah sejak tanggal 8 (September) lalu berada di Nagan untuk memeriksa dokumen TKA yang 39 orang. Mereka yang 39 orang tersebut sudah lengkap semua dokumen izin kerjanya,” ujar Iskandar.

BACA JUGA: Tegang, Warga di Nagan Raya Geruduk dan Usir 38 Tenaga Kerja Asing, Akibat Tak Melapor

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nagan Raya, Rahmatullah, menjelaskan bahwa kedatangan 41 TKA China telah mengantongi izin kementerian terkait.

“Mereka (TKA China) telah mengantongi izin kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI,” kata Rahmatullah, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (11/9/2020).

Para TKA China tersebut mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya siang tadi. Begitu tiba, mereka dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, serta diperiksa surat keterangan bebas Corona.
“Mereka akan bekerja di proyek PLTU 3-4 Nagan Raya,” jelas Rahmat. (*)