Tiga Ekor Harimau Masuki Pemukiman Warga Aceh Tengah, Sapi Piaran Warga Jadi Sasaran

Tiga ekor harimau muncul di sekitar pemukiman warga di Aceh Tengah
Ilustrasi - Harimau Sumatera. | AP/WWF-Indonesia/PHKA

Tiga Ekor Harimau Masuki Pemukiman Warga Aceh Tengah, Sapi Piaran Warga Jadi Sasaran

DotBerita | Takengon – Dalam sepekan terakhir, warga di Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah diresahkan dengan kemunculan tiga ekor harimau hutan di sekitar pemukiman mereka.

Pasalnya, hewan liar itu telah menyasar hewan ternak piaraan mereka.

Melansir Antara, tiga ekor harimau dilaporkan mendekati pemukiman warga di Kampung Kuyun Uken, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, dalam beberapa hari terakhir dan memangsa ternak warga setempat.

Seorang warga Kampung Kuyun Uken, Ramli mengatakan satwa liar tersebut juga telah memangsa seekor ternak sapi milik warga setempat dan kehadirannya telah membuat warga resah.

“Kami melihat tiga ekor harimau berkeliaran di kebun warga, sekitar 700 meter dari perkampungan,” kata Ramli, Kamis (6/8/2020).

Dia menyebutkan, tiga harimau tersebut dua di antaranya merupakan harimau dewasa. Sedangkan satu lainnya adalah anak harimau.

Menurut Ramli, ketiga satwa dilindungi tersebut masih dalam satu kawanan.

Ramli mengatakan, semenjak kemunculan kawanan harimau tersebut, warga setempat menjadi takut untuk ke kebun.

Karenanya, lanjut dia, warga berharap pihak terkait atau pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk turun tangan dan dapat mengembalikan kawanan harimau tersebut ke habitat aslinya.

“Kamis sekarang sangat resah dan sangat berharap agar pihak terkait bisa memberikan solusi,” tandas Ramli dikutip Antara. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca