Update Corona: Positif Covid-19 di Sumut Lebih 4 Ribu

696 warga Bener Meriah jalani swab massal
Ilustrasi virus Corona | Foto: DW (News

Update Corona: Positif Covid-19 di Sumut Lebih 4 Ribu

DotBerita | Medan – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) merilis data terbaru jumlah orang terinfeksi virus corona jenis baru atau COVID-19 pada Minggu (2/8/2020).

Hasilnya, virus yang pertama muncul di Wuhan China itu telah menjangkiti sebanyak 4.137 warga di Sumut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan dalam keterangannya di Medan mengatakan bahwa jumlah pasien positif terpapar virus corona di Sumut terus mengalami peningkatan yang sangat tinggi setiap harinya.

“Hari ini ada penambahan sebanyak 175 pasien positif COVID-19 di Sumut, totalnya menjadi 4.137 orang,” katanya, dikutip Antara.

Dirincikan, dari tambahan 175 pasien positif COVID-19 itu, sebanyak 127 orang dari Medan, 11 dari Deli Serdang, lima dari Binjai, tiga dari Simalungun, dan masing-masing dua dari Tebingtinggi, Langkat, Karo dan Dairi.

“Kemudian, masing-masing satu dari Pematangsiantar, Tanjung Balai, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Tengah, Serdang Bedagai, Batubara dan Nias Utara, 10 orang dari luar Sumut dan tiga orang tidak diketahui domisilinya,” ujarnya.

Pasien sembuh meningkat

Mayor Kes dr Whiko Irwan juga menyampaikan jumlah pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh di Sumut juga terus mengalami peningkatan dari hari ke hari.

Disebutkan, jumlah pasien positif COVID-19 berhasil sembuh saat ini sebanyak 1.613 orang. Angka ini bertambah 130 orang dari hari sebelumnya 1.483 orang.

Whiko merinci tambahan 130 pasien sembuh hari ini, yakni sebanyak 74 orang dari Medan, 21 dari Deli Serdang, 13 dari Pematangsiantar, tujuh dari Batubara, empat dari Binjai dan masing-masing satu dari Langkat, Karo dan Serdang Bedagai.

“Kemudian ada delapan orang dari luar Sumut,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk pasien positif COVID-19 meninggal dunia bertambah tujuh orang yakni empat dari Medan, dua dari Deli Serdang dan satu dari Simalungun. Total menjadi 202 orang.

Sedangkan untuk jumlah pasien dalam pengawasan atau PDP tercatat berjumlah 460 orang. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca