Vaksin Corona Ditemukan, Diproduksi Mulai November

Kabar Duka, Satu Lagi Warga Aceh Barat Idap COVID-19 Meninggal
ILUSTRASI - COVID-19

Vaksin Corona Ditemukan, Diproduksi Mulai November

DotBerita | Moskow – Ilmuan Rusia dilaporkan berhasil mengembangkan vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hal itu diketahui setelah pemeriksaan terakhir terhadap para sukarelawan uji coba vaksin di Rumah Sakit Burdenko Rusia menunjukkan kekebalan pada semua peserta.

Demikian disampaikan pihak Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (3/8/2020).

Sementara itu, Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Rusia, Vektor, berencana memulai produksi vaksin untuk penyakit COVID-19 pada November mendatang.

Kepada lembaga penyiaran negara, Rossiya 1, Direktur Jenderal Vektor Rinat Maksyutov mengatakan bahwa transisi bertahap, dari vaksinasi kelompok khusus dan berisiko, ke vaksinasi massal diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun ini dan awal 2021.

“Kami berharap untuk memulai produksi pada November tahun ini. Oleh karena itu, semakin dekat ke akhir tahun dan awal tahun berikutnya, kita dapat berbicara tentang transisi dari vaksinasi kelompok berisiko, paling tidak, ke vaksinasi massal,” ujar Maksyutov dalam pidato televisi yang disiarkan Minggu (2/8), seperti dilansir Antara, Senin (3/8/2020).

Sementara, menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia , pemeriksaan uji coba vaksin dilaksanakan di rumah sakit kementerian pada Senin. Vaksin Covid-19 dikembangkan Kementerian Pertahanan bersama Lembaga Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya.

“Hasil pemeriksaan dengan jelas menunjukkan respons kekebalan yang tak dapat diragukan yang didapatkan melalui vaksinasi. Tidak ada efek samping atau masalah ditemukan pada tubuh sukarelawan,” jelasnya, dikutip dari Sputnik News, Selasa (4/8/2020).

Kabar tersebut muncul setelah fasilitas penelitian lain, Pusat Penelitian Negara Bidang Virologi dan Bioteknologi Vektor, mengumumkan rencana untuk memulai produksi vaksin virus corona pada November. Menurut Vektor, vaksinasi akan digratiskan di Rusia.

Dirjen Pusat Penelitian Negara Bidang Virologi dan Bioteknologi Vektor, Rinat Maksyutov mengatakan, transisi bertahap dari vaksinasi khusus sampai vaksinasi massal diperkirakan terlaksana akhir tahun ini dan awal 2021.

Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko menyampaikan, vaksinasi akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan guru dalam urutan pertama sementara pasien penelitian yang divaksinasi akan berlanjut bersamaan. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca