Warga di Tiga Kabupaten di Barsela Aceh Terima Bantuan Masa Panik Dinsos Aceh

Dinsos Aceh salurkan paket bantuan sandang pangan ke warga korban banjir
Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri menyerahkan bantuan masa panik kepada warga terdampak banjir di tiga kabupaten yang diterima secara simbolis oleh masing-masing Bupati. | Foto IST

Warga di Tiga Kabupaten di Barsela Aceh Terima Bantuan Masa Panik Dinsos Aceh

DotBerita | Banda Aceh – Warga terdampak banjir di tiga kabupaten di Pantai Barat Selatan (Barsela) Aceh, yakni Aceh Jaya, Aceh Barat dan Aceh Selatan memperoleh bantuan masa panik dari Pemerintah Aceh, Kamis (30/7/2020).

Bantuan yang disalurkan melalui Dinas Sosial Aceh tersebut berupa kebutuhan sandang pangan  yang dibagikan masyarakat terdampak banjir.

Bantuan untuk Aceh Jaya dan Aceh Barat diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM yang diterima secara simbolis oleh masing-masing bupati di daerah tersebut, Irfan TB dan Ramli MS.

Sementara bantuan masa panik untuk Kabupaten Aceh Selatan, diserahkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh, Yanyan Rahmat yang diterima oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di halaman kantor bupati setempat.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam arahan yang disampaikan oleh kepala Dinas Sosial Aceh mengatakan, saat ini curah hujan di Aceh masuk dalam kategori tinggi.

Karenanya seluruh kepala daerah diimbau untuk tetap waspada, terutama di daerah rawan bencana alam, baik banjir luapan, tanah longsor maupun banjir bandang.

“Dari Pemerintah Provinsi Aceh tidak ada pandang bulu dalam membantu setiap musibah bencana yang melanda daerah, kami pemerintah provinsi berkewajiban untuk memastikan kehadiran negara dalam berbagai situasi di tengah masyarakat,” ujar Alhudri.

Kepada kepala daerah, Alhudri menyampaikan untuk tidak lengah dalam kondisi darurat bencana alam, dan harus aktif berkomunikasi dengan pemerintah provinsi.

“Kami dari Dinas Sosial Aceh selalu siap turun kelapangan dalam berbagai kondisi, agar masyarakat yang berdampak bencana alam bisa dengan segera memperoleh bantuan masa panik,” sambungnya.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya Irfan TB kepada wartawan mengatakan, pihaknya baru saja mendapat bantuan berupa sandang dan pangan dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh.

Menerut Irfan TB, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan selalu siaga, dan melakukan persiapan dalam menghadapi masa panik apalagi curah hujan yang cukup tinggi, dan cuaca ekstrim.

“Kami akan terus memonitor terhadap perkembangan di lapangan, apabila ada pengungsi inilah sandang dan pangan yang baru saja dibantu oleh pemerintah provinsi baik oleh Dinas Sosial Aceh maupun oleh BPBA,” katanya.

Bupati Aceh Barat Ramli MS  dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas batuan masa yang diberikan Pemerintan Aceh.

“Kami Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, semoga dapat berguna bagi warga kami yang terimbas bencana,” katanya.

Terpisah, Bupati Aceh Selatan Aceh Selatan, Tgk Amran mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan juga Kepada Dinas Sosial Aceh. Tgk Amran mengatakan akan segera menyalurkan bantuan tersebut ke masyarakat korban banjir.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, dan akan segera kita salurkan bantuan ini kepada masyarakat, apalagi ini dalam suasana meugang,” katanya. (*)

redaksi dbcom
Penulis yang membaca